-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Tehnik fotografi Light Painting menggunakan Smartphone Android


Bagi Anda yang suka dunia fotografi mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Light painting (melukis dalam cahaya). Dalam dunia fotografi melukis dalam cahaya ini memakai teknik long exposure untuk menangkap cahaya sebagai objeknya. Cahaya yang sengaja dijadikan objek foto di bentuk dengan berbagai macam pola sesuai keinginan dan kreativitas masing-masing. Kegiatan ini cukup mengasyikkan, karena mengasah kreativitas diri kita dengan membuat pola-pola tertentu dan hasil foto juga beda dari biasanya, karena ada tambahan efek cahaya yang membuat seni dam foto semakin keren.
Contohnya seperti dibawah ini :


Light Painting ini sering sekali dibuat dengan kamera DSLR karena settingan kameranya yang lengkap. Namun seiring perkembangan teknologi handphone juga mengalami perkembangan dalam segi kameranya. Smartphone adalah handphone pintar saat ini yang terus mengalami perkembangan yang cukup siginifikan. Banyak sekali fitur-fitur yang terus mengalami perkembangan, salah satunya adalah kualitas kameranya. Kamera smartphone saat ini semakin dibekali fitur yang kualitasnya hampir menyerupai kamera-kamera digital seperti DSLR. Nah maka dari itu kita bisa membuat Light Painting dengan Smartphone tanpa mahal-mahal membeli kamera DSLR.

Kunci dalam membuat Light Painting ini adalah dengan berada di dalam suatu tempat/ruangan dengan kondisi cahaya yang gelap. Jika kita ingin membuat Light Painting di luar ruangan maka kita harus melakukan pemotretan pada malam hari. Tetapi jika kita ingin membuat Light Painting di dalam ruangan makan kondisikann ruangan itu benar-benar gelap agar gambar yang kita hasilkan nanti benar-benar maksimal.

Sebelum melakukan pemotretan/pengambilan gambar sebaiknya anda membuat perencanaan terlebih dahulu, apa yang akan kita buat nanti dan bagaimana gerakan cahayanya agar saat pengambilan gambar tidak sering membuat kesalahan. Dan tentunya perancanaa/konsep juga sangat mempengaruhi kualitas dari Light Paintingmu.

Tips :

Untuk membuat Light painting yang bagus, sebaiknya dilakukan di malam hari, karena suasana gelap itu cocok untuk membuat Light painting. Yang penting tempat harus gelap. Dan sebelum itu, pikirkan dulu konsep Light painting nya, mau buat pola apa? Mau buat tulisan apa? Mau buat gambar apa? Ini adalah konsep yang paling penting, jadi rencanakan matang-matang terlebih dahulu.

Peralatan :
  1. Smartphone android berkamera
  2. Tripod
  3. Sumber cahaya. Bisa menggunakan senter, LED atau benda lain yang bercahaya. Jika sumber cahaya hanya berwarna putih, Anda bisa menggunakan plastik berwarna sesuai selera Anda.
  4. Aplikasi Camera FV-5  , download di bawah ini

Download Camera FV-5


Cara buat Light Painting dengan Smartphone Android :

  • Buka aplikasi Camera FV-5, kemudian setting shutter Speed di Custom, atur waktu nya di atas 20 detik atau tergantung kebutuhan seberapa susah pola, gambar atau tulisan yang ingin Anda buat, WB di mode Ulf, atur ISO 100 saja
  • Setelah semua sudah di atur sesuai seperti di atas tadi sekarang saatnya untuk pengambilan gambar. Tinggal pencet tombol shutter pada kamera lalu mulailah membuat tulisan/gambar menggunakan senter tadi. 
  • Untuk hasil yang lebih maksimal dan gambar lebih stabil usahakan untuk memakai tripod karena dalam membuat Light Painting camera harus minim guncangan. Atau anda bisa meletakan Smartphone anda pada tempat yang stabil seperti kursi, meja, dll, yang penting kamera tidak goyah agar cahaya light painting bisa stabil.

Demikianlah tutorial  mengenai teknik Light painting menggunakan smartphone android, 
Selamat berkreasi yaa ;-)

Previous
Next Post »